BMKG Deteksi Potensi Hujan di Riau

Tuesday 24 January 2012



Hujan.jpg
Theo/Tribun Pekanbaru
Ilustrasi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memperkirakan sebagian  besar wilayah berpotensi dilanda hujan pada malam hari dengan intensitas ringan-sedang.

Sementara untuk siang hari, Kota Bertuah  diprakirakan cenderung mengalami suhu udara yang cukup panas dengan berada di kisaran 32 hingga 34 derajat celsius. Kondisi seperti ini berlaku mulai hari ini higga dua hari kedepan.

Staf analisa BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menjelaskan, kondisi serupa juga diprakirakan akan melanda sejumlah wilayah kabupaten/kota lainnya yang ada di dalam Provinsi Riau, seperti Kabupaten, Rokan Hilir, Bengkalis, Meranti dan Indragiri Hilir serta Kota Dumai.

"Namun intensitas hujannya masih ringan-sedang. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan untuk datangnya hujan lebat apabila ada pergerakan angin yang cukup kuat," kata Slamet, seperti dilansir Antara, Sabtu (21/1/2011).

Ia mengimbau kepada masyarakat Pekanbaru untuk tetap waspada datang hujan dengan sedia jaket tak tembus air atau mantel, khususnya masyarakat yang hobi berkendara sepeda motor. "Jangan sampai hujan justru menghambat aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Ditanya mengenai kondisi terburuk di akhir pekan pada pekan ketiga di Januari 2012 ini, menurut Slamet, kecenderungan masih sama, yakni cuaca yang cenderung tak beraturan alias panas dingin.
"Kalau siang itu suhu udara berada di atas normal, sehingga terasa sangat panas, sementara pada malam hari justru akan berpotensi hujan,"  tuturnya.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera, Jumat kemarin terbukti telah mampu meminimalisasi jumlah titik api di pulau itu, termasuk di wilayah Provinsi Riau. Berkurangnya jumlah titik api Sumatera, terus berlanjut hingga sore hari ini, yakni, akibat turunnya hujan di sebagian besar wilayah tersebut.

"Malahan terkini, sesuai yang dapat kami pantau, titik apinya tinggal tiga titik. Tiga titik api tersebut, dua di antaranya berada di Riau, yakni satu di Kabupaten Siak dan satunya lagi berada di Kota Dumai. Sementara di luar Riau hanya ada di Sumatra Selatan," tuturnya. (*)
 
Source : http://pekanbaru.tribunnews.com/2012/01/22/bmkg-deteksi-potensi-hujan-di-riau
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
Created 2012 Pekanbaru Magazine All Rights Reserved.
Template Design by Wan Satria Andanu